Senin, 16 Februari 2009

Mari Memijat Sendiri

Setelah seharian beraktivitas di kantor atau disibukkan dengan berbagai urusan rumah tangga, tentunya AF membutuhkan satu treatment untuk mengembalikan mood dan tubuh supaya fit kembali. Salah satu caranya adalah dengan pijat. Tetapi jika setiap hari memanggil tukang pijat ke rumah, coba bayangkan berapa biaya dan waktu yang harus AF keluarkan? Jadi, sudah waktunya untuk mencoba memijat diri sendiri di rumah.

Menurut American Massage Therapy Association, pijat tak hanya berguna untuk melancarkan aliran darah. Tetapi juga dapat menghasilkan hormon endorphin yang dapat membantu perasaan menjadi lebih tenang. Cukup dengan 10-15 menit saja untuk memulihkan kembali kondisi fisik.

Pijat wajah, berfungsi untuk merelaksasikan otot dan menstimulasi pembuluh darah di bawah kulit, serta membantu mencegah munculnya kerutan dan garis halus.

• Sebelum memulai memijat, cuci bersih kedua tangan Anda dan lanjutkan dengan membersihkan wajah dengan lotion pembersih.

• Mulailah dengan melakukan gerakan memijat dengan kedua telapak tangan menekan secara lembut. Mulailah dari leher, perlahan pindahkan kedua tangan perlahan sambil tetap memijat kearah pipi, lalu kebagian pelipis.

• Lanjutkan dengan gerakan stimulasi. Pakai bagian belakang jari tangan dan gerakan bergantian dengan arah melingkar di sekitar pipi, leher dan bawah dagu.

• Untuk melancarkan aliran darah, letakkan salah satu ibu jari dan jari tangan di kedua alis. Tekan secara perlahan mulai dari ujung alis sampai ke tulang hidung bagian atas dekat mata.

Pijat bahu, berfungsi mengurangi rasa lelah akibat aktifitas sehari-hari, meringankan sakit kepala, dan untuk relaksasi.

• Pakailah lotion untuk mengoles area bahu. Letakkan jari kiri Anda di bagian sisi bahu dan mulailah tekan dengan tenaga secukupnya. Lanjutkan dengan memijat area belakang leher bagian bawah, teruskan ke bahu hingga lengan atas. Lakukan gerakan ini tiga kali, kemudian lanjutkan pada bagian bahu sebelahnya dengan menggunakan jari-jari tangan kanan.

• Pakai jari Anda untuk menekan di bagian tulang belakang paling atas. Teruskan ke bagian leher dan bawah kepala dan teruskan dengan memijat bahu.

• Akhiri pijatan dengan meletakkan kedua tangan Anda ke bahu belakang dan kemudian lakukan gerakan menekan sambil memijat area belakang leher, bahu bawah, sampai ke lengan dan kedua lengan atas.


Pijat tangan, berfungsi untuk menghilangkan rasa lelah dan relaksasi.

• Mulailah dengan memijat tangan kiri dengan jari-jari tangan kanan. Tekan mulai dari pergelangan tangan sampai ke ujung jari. Lakukan hal yang sama dengan memijat tangan kanan.

• Pakai ibu jari dan telunjuk tangan kanan untuk melakukan pijatan secara vertikal di setiap jari tangan kiri. Alihkan pijatan di setiap sisi samping jari. Gerakan selanjutnya adalah menekan di setiap sela antara jari-jari Anda. Dengan teknik yang sama, lanjutkan dengan tangan kanan.

• Pegang telapak tangan kiri dengan jari-jari tangan kanan. Gunakan ibu jari untuk melakukan pijatan gerakan melingkar. Lalu tarik satu persatu jari untuk meregangkan otot.

• Letakkan ibu jari tangan kanan di telapak kiri. Tekan ibu jari selama beberapa saat, sambil menarik napas dalam-dalam lalu keluarkan. Lakukan hal yang sama pada tangan sebelahnya.
Pijat kaki, berfungsi untuk meringankan rasa lelah, melancarkan peredaran darah dan melemaskan otot kaki.

• Sambil duduk di lantai, ulurkan salah satu kaki. Pakai salah satu tangan untuk memegang bagian atas telapak kaki dan yang satu lagi memegang bagian belakang pergelangan kaki. Pijat dengan gerakan pelan dan tenaga secukupnya. Arahkan pijatan mulai dari tumit sampai pergelangan kaki dengan gerakan naik dan turun. Lakukan pada kaki sebelahnya.

• Dengan ibu jari, tekan dan pijat telapak kaki secara vertikal. Lanjutkan dengan pijatan gerakan melingkar pada bagian lengkungan telapak kaki. Lakukan hal yang sama dengan kaki sebelahnya.

• Letakkan jari-jari tangan pada pergelangan kaki. Lalu pijat ke atas sampai ke belakang betis. Ulangi gerakan ini sesuai kebutuhan Anda. Lanjutan dengan melakukan teknik pijatan serupa pada kaki lainnya.

Jadi, relaksasi dengan pijatan sendiri? Mungkin sajakan….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar