Senin, 16 Februari 2009

Bye2 Kerutan

AF, banyak perempuan yang mengalami masalah kerutan dan keriput di wajah seiring dengan bertambahnya usia. Kecemasan juga biasa melanda perempuan di usia 30-an yang mulai melihat tanda-tanda penuaan pada wajah mereka. Tak sedikit pula perempuan yang ingin menutupi usia yang sebenarnya dengan wajah yang awet muda dan tanpa kerutan.
Banyak cara yang bisa AF lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, bebas keriput dan noda. Namun AF harus berhati-hati memilih cara mana yang akan AF gunakan. Karena jika AF salah memilih perawatan wajah, bisa-bisa wajah AF malah menjadi rusak. Lebih baik AF memilih perawatan yang sealami mungkin.

Berikut ada beberapa tips untuk melindungi dan menjaga kulit AF dari kerutan dan keriput. Yang alami, yang sehat!

1. Hindari sinar matahari langsung. Sinar matahari adalah penyebab nomor satu kerutan dan keriput.

2. Gunakan pelindung matahari. Jika memang Anda harus berpergian di bawah sinar matahari, jangan lupa untuk menggunakan krim pelindung matahari (sunscreen), selain untuk mengurangi kerutan dan keriput juga akan menghindari Anda dari kanker kulit.

3. Jangan dekat2 dengan asap rokok apalagi sampai merokok segala. Penelitian menunjukkan bahwa asap rokok dapat menyebabkan penuaan kulit, terlebih dapat memproduksi enzim yang dapat merusakkan colagen dan elastin, komponen penting kulit.

4. Tidur yang cukup. Tidur adalah saat di mana tubuh akan mengganti sel-sel tua dan mati dengan sel-sel baru. Dengan cukup tidur, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan yang akan membantu kulit memperbaiki ketebalan, lebih elastis, dan mengurangi kerutan.

5. Tidurlah dengan posisi telentang. Jika Anda tidur dengan posisi miring, maka akan menimbulkan kerutan di pipi dan dagu. Bekas-bekas kerutan itu mungkin tidak hilang, dan lama-kelamaan akan membekas menjadikan kerutan yang permanen di wajah.

6. Kurangi kedipan mata yang berlebihan dan gunakan kacamata. The American Academy of Dermatology (AAD) mengatakan gerakan wajah yang berulang-ulang, seperti berkedip, akan membuat otot-otot wajah bekerja lebih keras, dan membentuk lekukan di bawah permukaan kulit. Lekukan inilah yang biasanya akan menjadi kerutan. Penting juga untuk menggunakan kacamata hitam, untuk melindungi kulit disekitar mata dari bahaya matahari, dan menghindari Anda berkedip terlalu sering.

7. Perbanyaklah makan ikan, khususnya ikan Salmon. Konsumsi ikan yang mengandung protein tinggi dan omega-3 akan membantu menutrisi kulit dan menjaganya tetap kenyal dan awet muda, dan tentunya membantu mengurangi kerutan.

8. Perbanyaklah makan kacang kedelai. Penelitian selama ini menunjukkan bahwa kacang kedelai membantu melindungi atau menghalangi bahaya sinar matahari. Suplemen yang berbahan dasar kacang kedelai juga bisa meningkatkan struktur kulit dan kekuatan setelah penggunaan selama enam bulan.

9. Konsumsi kakao atau coklat murni juga akan melindungi kulit dari bahaya matahari, meningkatkan sirkulasi sel-sel kulit,mempengaruhi hidrasi, dan membuat kulit terlihat dan terasa lebih lembut.

10. Perbanyaklah makan buah dan sayuran, yang merupakan antioksidan. Antioksidan merupakan komponen yang dapat mengurangi dampak radikal bebas, membuat kulit terlihat lebih segar dan bersinar, dan melindungi melawan beberapa efek sinar matahari.

11. Gunakan pelembab untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari.

12. Jangan terlalu sering mencuci muka Anda. Menurut ahli dermatologis, terlalu sering mencuci muka akan menghilangkan minyak dan kelembaban alami kulit yang berfungsi melindungi kulit dari kerutan.

13. Alpha-hydroxy acids (AHA). Zat alami ini akan mengangkat permukaan sel kulit mati, mengurangi munculnya garis-garis dan kerutan, khususnya di daerah mata, dan membantu merangsang produksi kolagen.

14. Retinoid (termasuk retin A). Tretinoin atau yang biasa disebut Retin A adalah bentuk alami dari vitamin A yang biasa dipakai untuk mengatasi masalah kerutan.

15. Konsumsi vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, melindungi dari bahaya sinar UVA dan UVB, mengatasi masalah pigmentasi, dan memperbaiki kondisi kulit yang rusak.

Nah, cara-cara yang alami tersebut tentu tidak sulit, namun membutuhkan niat dan kesungguhan dalam menjalankannya. Jagalah kulit wajah Anda sejak dini sebelum keriput atau noda itu muncul di wajah Anda! Yang alami tentu lebih sehat bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar